Tuesday, July 16, 2019

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Packing Liburan Memakai Koper

Bagi kamu yang akan bepergian dengan menggunakan koper, ada berbagai langkah yang perlu dipersiapkan agar tidak kerepotan. Kali ini bisa jadi pertama kalinya kamu harus packing banyak barang bawaan karena harus melakukan perjalanan dengan durasi yang cukup panjang. Nah, kamu sebaiknya melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum mulai packing koper yang akan dibawa, berikut ini tips dan triknya.

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Packing Liburan Memakai Koper

1. Membuat daftar barang yang harus dibawa

Barang yang harus kamu bawa di dalam koper pasti lebih banyak jumlahnya. Oleh karena itu, kamu harus memastikan semua barang yang diperlukan masuk ke dalam koper tidak ketinggalan. Jadi, buatlah daftar barang bawaan yang ingin kamu masukkan ke dalam koper, lalu bedakan mana yang bisa masuk ke kabin, atau harus disimpan ke dalam bagasi pesawat.

Jika kamu hanya menggunakan layanan bagasi kabin, pastikanlah untuk tidak membawa cairan yang volumenya lebih dari 100 ml. Cairan tidak hanya berlaku untuk air minum ya, parfum aerosol, gel, atau sabun juga termasuk dalam hitungan cairan yang akan dibatasi. Agar lebih optimal, akan lebih baik jika semua cairan dibawa dalam kemasan bersegel.

2. Membeberkan semua barang bawaan

Bicara soal barang bawaan yang akan dibawa ke dalam pesawat untuk liburan, di mana beli tiket citilink? Kamu bisa membeli tiket pesawat liburan Citilink lewat berbagai online travel agent (OTA) seperti Traveloka. Nah, kalau sudah beli tiket dan punya daftar barang bawaan yang akan dibawa, pastikanlah untuk mengecek kembali barang bawaanmu.

Mengecek barang bawaan bisa dilakukan dengan membeberkan semua pakaian, peralatan toiletries, sampai kabel-kabel charger gadget yang diperlukan. Kamu bisa meletakkan semua barang di atas lantai atau kasurmu. Biasanya, akan lebih terlihat jika barang yang kamu bawa terlalu banyak sehingga sedikit-sedikit bisa dikurangi agar tidak melebihi batas bagasi.

3. Membersihkan koper yang sudah lama tidak dipakai

Belum punya koper untuk dibawa sendiri? Coba tanyakan pada orangtua, keluarga, atau teman yang sering bepergian jauh agar bisa dapat pinjaman koper. Rasanya kurang bijaksana kalau kamu harus sengaja membeli koper hanya untuk sekali perjalanan, terlebih kalau bujetnya terbatas. Tidak masalah kok, hal yang terpenting adalah membawa semua keperluan liburan.

Ya, wajar saja kalau koper yang kamu pinjam agak kotor. Mungkin orang yang kopernya bisa kamu pinjam pun sudah lama tidak melakukan perjalanan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkan koper terlebih dahulu. Jika bagian cover dalamnya sudah mulai usang, kamu bisa menggunakan travel pouch agar barang-barangmu tidak tersangkut dan malah merusak koper.

4. Ketahui batas berat dan ukuran barang bawaan

Setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan yang berbeda untuk membawa koper kabin dan bagasi. Nah, pastikan kamu sudah mengetahui kedua ketentuan ini dengan baik agar bisa mengoptimalkan ruang penyimpanan. Jadi, kamu tidak membawa barang memang tidak diperlukan dan hanya menambah biaya extra baggage.

5. Pilih koper yang sesuai kebutuhan

Jika sudah mendaftarkan semua barang bawaan yang diperlukan, pastikan kamu juga memilih ukuran koper yang tepat. Jangan sampai kamu menggunakan koper yang tidak muat di ruang penyimpanan bagasi kabin, padahal isi barang bawaanmu hanya sedikit. Sebaliknya, tidak perlu menyimpan koper di bagasi jika sebenarnya bisa muat di dalam kabin.

Nah, kamu bisa menyiapkan beberapa hal tadi untuk persiapan barang bawaan yang dibawa untuk liburan, tinggal rapikan kopernya deh. Lebih efektif dan efisien bukan?

No comments:

Post a Comment